Rabu, 10 Juli 2013

Desain yang Elegan Itu Kebutuhan Setiap Pebisnis dan Marketer

Untuk cara order dan pricelist, silahkan klik disini  
Produk-produk desain kami (klik di nama produk): Logo | Brosur | Company Profile | Cover buku | Stationary | Kemasan Produk | Tshirt | Banner | Poster | Kalender dinding | Map | Layanan Premium  
___________________________________________________________________________

Penulis : Admin

Bahasa visual dalam poster
Agak sangat membingungkan jika di era dengan persaingan yang sangat ketat ini masih saja ada pebisnis dan marketer yang tidak merasakan signifikansi dari desain yang baik. Bisa jadi mereka masih hidup dalam euphoria kejayaan personal selling  dan melupakan bahwa dunia terus berkembang. Bahwa saat ini kita hidup dalam dunia persepsi. Persepsi yang terkadang sangat sulit kita bendung karena saking acaknya.

Apakah mereka masih mau terus bersusah payah menggunakan segenap kemampuan bahasa verbal-lisan diri mereka sendiri atau tim sales dibawahnya untuk mempengaruhi konsumen tanpa dibantu bahasa-bahasa visual yang bisa mempersuasi? Bisa jadi sebagian besar pebisnis dan marketer yang belum memahami pentingnya desain bagi marketing dan branding produk mereka belum sadar bahwa bahasa yang “beredar” di konsumen bukan saja bahasa verbal dalam arti sempit: “berbicara lisan”. Bisa jadi mereka belum paham bahwa dari sisi visual, juga ada “bahasanya sendiri”… Dan kesalahan cara pandang ini bisa mengakibatkan in-efisiensi effort dalam marketing dan promosi.

Pebisnis dan marketer harus memahami bahwa dari sisi visual, warna, bentuk, tipe huruf, gambar, ilustrasi, gaya lay out, dst adalah juga “bahasa”. Sebuah bahasa yang bisa menyampaikan pesan secara efektif dan efisien ketika kita paham benar cara menggunakannya. Beberapa contoh misalnya, kita menggunakan warna biru untuk kemasan produk air minum mineral, kita menggunakan bentuk bulat dalam logo untuk menandakan ketidakterbatasan, kita menggunakan tipe font tidak berkaki-kurus untuk menunjukkan keleganan, kita menggunakan gambar anak tersenyum untuk menggambarkan bahwa ini produk anak, dst.

Semua pengolahan elemen visual secara terkonsep baik akan menghasilkan satu komunikasi yang sangat efektif. Dan Jika semua dipadukan dengan bahasa-bahasa verbal, maka kekuatannya semakin maksimal. Sudah bukan zamannya lagi kita melakukan marjinalisasi bahasa-bahasa visual ini. Apalagi sampai mempertentangkannya dengan kemampuan dialektika verbal. Sebab bisa jadi kompetitor anda sudah memadukan semuanya dalam sebuah integrated marketing communication strategy.

Maka dari itu, jangan lagi meremehkan arti desain. Desain elegan itu kebutuhan semua pebisnis dan marketer. Agar “perang persepsi” di benak konsumen bisa kita menangkan. Dan salah satu tanda kemenangan kita adalah ketika konsumen akhirnya membeli dan menggunakan produk/jasa kita di tengah serbuan ajakan dari produk/jasa lain.

Butuh Jasa Pembuatan Video Profile Perusahaan? klik disini >> jasa pembuatan video profile perusahaan

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar