Wednesday, 3 July 2013

Kenapa Belum Menggunakan Jasa Desainer/Design Agency Profesional?

Untuk cara order dan pricelist, silahkan klik disini  
Produk-produk desain kami (klik di nama produk): Logo | Brosur | Company Profile | Cover buku | Stationary | Kemasan Produk | Tshirt | Banner | Poster | Kalender dinding | Map | Layanan Premium  
___________________________________________________________________________


Penulis : Admin

Bagi sebuah perusahaan profesional, branding adalah penting. Sebab ia adalah investasi jangka panjang yang akan membuat sebuah bisnis lebih sustainable. Posisi desain sendiri adalah salah satu penguat branding. Desain adalah wajah dan tampilan visual sebuah brand. Semakin profesional sebuah perusahaan, ia akan semakin peduli dengan masalah desain ini.

Namun ternyata dalam dunia riil-nya, belum semua perusahaan (mulai dari yang level mikro sampai menengah, bahkan atas), memahami pentingnya desain ini dan mengapa harus mengoutsource secara spesifik kebutuhan desain ini kepada desainer atau design agency profesional. Berikut ini beberapa alasan yang memungkinkan hal tersebut terjadi.

Sudah Memiliki Inhouse Desainer
Ini adalah alasan yang paling rasional kenapa sebuah perusahaan tidak menghire desainer dari luar. Biasanya mereka sudah memiliki tim desainer sendiri atau "sekedar" ada PIC untuk masalah desain ini. Namun rekomendasinya, pada beberapa hal, seperti logo perusahaan, yang sebaiknya mengoutsource dari pihak luar misalnya design agency profesional.

Sebabnya sederhana, biasanya orang yang sudah terlalu lama "di dalam" sulit melihat perusahaan dari luar. Hal ini akan menyulitkannya mengeluarkan ide-ide baru yang lebih segar. Apalagi hal-hal seperti desain logo yang merupakan desain identitas perusahaan. Logo sangat penting bagi image perusahaan, jadi sudah selayaknya desain logo mendapat atensi lebih dari pemiliki atau eksekutif di sebuah perusahaan.

Belum Memahami Pentingnya Desain Bagi Branding
Ini adalah sebab umum kenapa masih banyak perusahaan belum mempercayakan semua kebutuhan desainnya kepada sebuah design agency profesional. Masih banyak pihak yang menganggap bahwa desain grafis identik dengan "desain gratis". Bagi mereka yang belum paham, desain adalah "fasilitas" yang diberikan percetakan bagi klien-kliennya secara gratis. Dan karena gratisan, maka hasilnya pun biasanya tidak maksimal.

Desain memiliki peranan yang signifikan dalam branding sebuah produk atau perusahaan (lihat tulisan : peranan desain dalam branding). Desain memberikan added value bagi sebuah brand sehingga persepsi konsumen terhadap brand itu bisa lebih meningkat. Selain itu, desain yang baik adalah media komunikasi yang tepat antara sebuah brand dengan audience-nya, dalam hal ini konsumen dan calon konsumen. Jika didesain dengan asal-asalan, maka tidak akan bisa tercipta sebuah komunikasi yang efektif dan efisien antara sebuah brand dan konsumen. Hal ini tentu merugikan sebuah brand. Efek terburuknya brand tersebut bisa-bisa ditinggalkan oleh konsumennya karena dianggap brand tersebut tidak relevan dengan diri mereka.

Akibat kurangnya pemahaman akan pentingnya desain, maka sebagian perusahaan (bahkan kadang perusahaan besar), tidak memiliki budget khusus untuk masalah ini. Mereka selalu menggabungkannya dengan budget produksi yang sudah pasti sedikit spare-nya untuk kebutuhan desain.

Tidak Memiliki Budget yang Cukup untuk Meng-hire Desainer/Design Agency Profesional
Alasan berikutnya kenapa sebuah perusahaan tidak menghire sebuah design agency profesional adalah ketiadaan budget yang cukup. Hal ini bisa disebabkan karena poin di atas atau memang perusahaan ini terlalu kecil untuk mengeluarkan budget khusus bagi kebutuhan desain. Sebagian perusahaan ini paham benar bahwa desain itu penting, namuan keterbatasan dana yang membuat mereka tidak bisa meng-hire design agency profesional. Namun biasanya, ini cuma masalah teknis. Begitu mereka "membesar" dan memiliki cukup dana, mereka akan mulai menghire sebuah design agency profesional untuk menangani seluruh kebutuhan komunikasi visualnya.

Tidak Tahu Harus Mencari Resources untuk Outsource Masalah Desain
Ini adalah alasan yang sebenarnya agak dibuat-buat di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Saat ini kita tinggal buka "mbah Google" misalnya untuk mencari informasi ini. Beragam kata kunci bisa kita masukan mulai dari "jasa desain", "jasa desain logo", "jasa desain brosur", "jasa desain company profile", "jasa desain kemasan", dst. Memang nanti kita akan dihadapkan pada kebingungan baru, dimana pilihan itu demikian banyak. Oleh karena itu, perlu bagi kita calon user untuk mempelajari secara detil calon vendor design agency yang akan kita gunakan.

Butuh Desain Company Profile Profesional? 
Klik >> Disini !

www.desainonlinessi.com
Solusi Desain Berkualitas untuk Bisnis Anda

Gedung Utaka 87, Lantai 3, Ruang 306
Jl. Utan Kayu Raya No. 87
Jakarta Timur 13120
Telp/fax. 021-8590-4493
Mobile : 08778-105-1905
Pin BB : 27B89DFC

No comments:

Post a Comment