Monday, 10 June 2013

Peranan Desain dalam Branding

Untuk cara order dan pricelist, silahkan klik disini  

Produk-produk desain kami (klik di nama produk): Logo | Brosur | Company Profile | Cover buku | Stationary | Kemasan Produk | Tshirt | Banner | Poster | Kalender dinding | Map.    

Baca juga : Tentang Kami | Keunggulan Kami | Testimoni & Klien Kami | Kontak Kami | Tips-tips, Artikel, & Konsultasi Desain | Cara Order dan Pricelist | On Progress Project 
_____________________________________________________________________________

Penulis : Admin

Branding telah menjadi prioritas utama banyak perusahaan. Branding menjadi bagian penting dari sebuah perusahaan, di bidang apapun perusahaan tersebut bergerak. Brand/ merek sebuah perusahaan akan membedakan suatu perusahaan dari perusahaan-perusahaan lain yang sejenis. Brand telah menjadi sebuah kunci sukses sebuah perusahaan. Brand anda adalah sesuatu yang melekatkan tanda di benak konsumen anda.

Manfaat branding pun akan terasa dalam jangka panjang.Manfaat tersebut termasuk konsumen yang loyal, kedekatan dengan konsumen dan penurunan pengeluaran pemasaran yang signifikan karena konsumen sudah familiar dengan brand anda. Namun, untuk membangun sebuah brand yang kuat adalah proses yang kompleks.

Brand terbentuk dari kualitas dan layanan. Yang membuat sebuah brand menjadi besar adalah pengalaman yang diberikan kepada konsumen. Setelah mendapatkan pengalaman dari brand anda, konsumen seakan mendapatkan sebuah janji tentang apa yang ia harapkan dari bisnis anda. Brand akan membentuk persepsi di benak konsumen melalui pengalaman yang dirasakannya, dan elemen dari brand akan membantu konsumen untuk mengingat perusahaan.

Elemen dari brand seperti nama, logo, tag line, trademark dan kemasan menjadi sebuah jalan pintas menuju persepsi. Kebanyakan orang akan menggunakan jalan pintas ini untuk membuat keputusan pembelian. Misalnya jika seorang konsumen telah memiliki persepsi bahwa pasta gigi yang terbaik adalah pepsodent, maka ia akan mengingat logo dan kemasan sebagai jalan pintas untuk memutuskan produk mana yang akan dibeli.

Dalam membentuk elemen-elemen ini, dibutuhkan sebuah desain yang mampu menempatkan tujuan atau perusahaan dalam aliran informasi yang disampaikan pada konsumen. Desain adalah sebuah wujud nyata untuk membentuk persepsi visual dari seorang konsumen.

Sebuah brand yang dikelola dengan baik akan menempatkan desain yang baik dalam semua bentuk yang berhadapan dengan konsumen. Materi desain yang buruk atau tidak konsisten dapat memberikan kesan bahwa perusahaan anda tidak stabil, tidak dapat diandalkan, tidak terorganisir atau murahan.
Banyak konsumen yang tidak dapat melupakan kesan pertama ini, sehingga image dan pesan dari perusahaan pun akan terganggu. Sebaliknya, desain yang dikelola dengan baik akan menunjukkan kesan teratur, kredibel dan mampu mengkomunikasikan produk dan layanan perusahaan dengan lebih baik.

Peran Desain dalam Logo

Logo dan warna merupakan elemen branding yang mudah diingat oleh konsumen. Selain itu, logo dapat menjadi salah satu fondasi branding dan merupakan sebuah awal dari branding. Berbagai macam logo dan merek bertebaran setiap hari, mulai dari pamflet yang kecil, hingga ke papan billboard yang besar dan bahkan kini logo pun dapat dipromosikan melalui media online. Logo yang baik adalah logo yang mudah diadaptasikan, artinya logo bisa diaplikasikan dalam berbagai konteks dan bahkan secara abstrak.

Logo adalah salah satu pondasi branding

Oleh karena itu untuk mendesain logo, terdapat beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Logo yang sederhana biasanya lebih efektif dibandingkan dengan logo yang rumit. Misalnya saja logo bentuk m milik McDonalds. Logo yang rumit dengan banyak pernak pernik justru akan menghabiskan ruang dan akhirnya mengaburkan pesan sesungguhnya dari brand.

Desain juga perlu dibuat sesuai dengan layanan perusahaan yang diwakilkan. Jika nama perusahaan dan layanan yang disediakan selaras dengan brand, maka ingatan tentang perusahaan juga akan semakin melekat di benak orang yang melihatnya. Desain yang tidak sesuai akan membuat orang kebingungan dengan logo yang ditampilkan dan akhirnya akan mengurangi efisiensi dari brand anda.

Desain yang baik juga tidak menggunakan terlalu banyak warna atau terlalu banyak tulisan. Logo dengan terlalu banyak warna tidak dapat dijamin akan sukses. Sebaiknya gunakanlah warna yang secara akurat mencerminkan tujuan dan gaya dari perusahaan anda. Sementara, tulisan memang dibutuhkan dalam desain, tetapi gambar akan menjelaskan jauh lebih baik dibandingkan dengan kata-kata yang terlalu banyak. Maka, tulisan hendaknya dibuat sesederhana mungkin untuk membantu orang mengingat brand anda.

Dengan besarnya peran desain dalam logo, dan besarnya peran logo dalam branding, sebaiknya perusahaan memikirkan hal ini dengan seksama. Banyak perusahaan yang kurang mementingkan logo dan akhirnya hanya efektif sebagian dan gagal untuk mengkomunikasikan pesan dari perusahaan. Menyewa perusahaan desain grafis yang profesional dapat menjadi cara terbaik untuk memastikan bahwa brand dan logo anda dapat dibuat semenarik mungkin. [DZ]

Butuh Desain Company Profile Profesional? 
Klik >> Disini !

Baca juga :

Referensi :
http://www.visitfreshcreative.com/content315.html
http://www.uie.com/articles/design_and_branding/
http://machoarts.com/5-creative-design-blunders-in-branding#

No comments:

Post a Comment