Monday, 10 June 2013

Desain yang Baik adalah....

Untuk cara order dan pricelist, silahkan klik disini  

Produk-produk desain kami (klik di nama produk): Logo | Brosur | Company Profile | Cover buku | Stationary | Kemasan Produk | Tshirt | Banner | Poster | Kalender dinding | Map.    

Baca juga : Tentang Kami | Keunggulan Kami | Testimoni & Klien Kami | Kontak Kami | Tips-tips, Artikel, & Konsultasi Desain | Cara Order dan Pricelist | On Progress Project 
_____________________________________________________________________________

Penulis : Admin


Seorang pengusaha harus selalu memikirkan bagaimana agar bisnisnya bisa terus survive, maju dan berkembang. Salah satunya adalah bagaimana dia terus memperhatikan masalah marketing dari bisnisnya. Dan jika "zoom in" lagi, maka kita akan mendapati salah satu faktor yang cukup penting dari sisi marketing adalah masalah desain/tampilan visualnya.

Banyak definisi tentang desain yang baik itu. Tetapi buat kami, sejak 2005 definisi sebuah desain dikatakan baik, jika memenuhi 3 hal saja :


Unik
Desain yang baik tentu sebaiknya unik, berbeda dengan yang lain, terdiferensiasi. Puncak keunggulan dari keunikan ini adalah bahwa ide desainnya benar-benar baru, belum pernah ada, dan sangat original. Namun di era dimana ide "ber-arakan" dimana-mana saat ini, hal ini bisa jadi agak sulit. Sebab kombinasi sebuah ide sering kali sudah dicoba/dieksperimenkan oleh orang lain dan sudah pernah dipublikasikan.

Maka definisi paling bawah dari unik ini adalah minimal kita tidak "copy paste". Adalah sebuah "aib" jika ada seorang desainer yang meniru habis desain orang lain. Sebagai desainer yang baik, paling banter ia hanya boleh mengambil "inspirasi" dari desain orang lain lalu ia kembangkan dengan ide sendiri.

Keunikan desain bagi marketing tools ini penting, agar marketing tools kita bisa diingat secara berbeda oleh calon konsumen kita. Jangan sampai marketing tools kita dianggap sama dengan yang lain.

Menarik/Atraktif
Desain yang baik seharusnya bisa "merebut perhatian konsumen sejak 2 detik pertama konsumen melihatnya. Desain yang baik akan membuat konsumen mau melihat, membuka, membaca, mempelajari dan pada akhirnya melakukan eksekusi pembelian produk/jasa yang dijelaskan di marketing tools kita.

Sebagai pebisnis kita harus ingat baik-baik bahwa di luar sana informasi "sliweran". Kita butuh menarik perhatian para target market untuk mau membaca marketing tools kita. Desain yang datar, biasa-biasa saja, tidak punya kelebihan akan mudah untuk ditinggalkan. Dan ini membuat cost pembuatan marketing tools kita menjadi sia-sia.

Komunikatif
Desain yang baik berbicara sesuai dengan segmennya. Marketing tools kita harus disesuaikan dengan target marketnya. Akan sangat berbeda pengelolaan desain yang ditujukan untuk segmen menengah atas dan segmen menengah bawah. Akan sangat berbeda mengelola desain marketing tools yang ditujukan untuk orang dewasa 40 tahun ke atas dan untuk usia remaja di bawah 18 tahun, dan seterusnya.

Komunikatif disini adalah bagaimana kita memilih simbol-simbol visual yang bisa langsung tertangkap sesuai segmen kita dan simbol visual tersebut juga bisa menunjukkan apa bisnis kita. Simbol visual bisa berupa elemen grafis, foto, warna, pilihan font sampai dengan lay out.
Misalnya ketika seseorang menerima brosur, seharusnya ia sudah bisa mendefinisikan apakah produk ini untuk dia atau bukan. Apakah produk ini yang dibutuhkan apa bukan. Semua penilaian awal ini sudah bisa dia lakukan hanya dengan melihat tampilan sekilas brosurnya, belum sampai dia membaca atau menelaah isi di dalam brosurnya. Ini yang disebut komunikatif.

Itulah 3 hal yang menurut kami penting agar sebuah desain itu terlihat baik. Sebagai pebisnis kita seharusnya aware terhadap hal ini. Agar marketing tools kita menjadi efisien dan efektif, sehingga marketing tools tersebut bukan menjadi cost centre tetapi investasi yang menguntungkan....


Semoga bermanfaat.

Butuh desain kemasan produk profesional? SILAHKAN KLIK DISINI !

No comments:

Post a Comment