Selasa, 11 Juni 2013

Peranan Desain dalam Online Marketing

Untuk cara order dan pricelist, silahkan klik disini  

Produk-produk desain kami (klik di nama produk): Logo | Brosur | Company Profile | Cover buku | Stationary | Kemasan Produk | Tshirt | Banner | Poster | Kalender dinding | Map.    

Baca juga : Tentang Kami | Keunggulan Kami | Testimoni & Klien Kami | Kontak Kami | Tips-tips, Artikel, & Konsultasi Desain | Cara Order dan Pricelist | On Progress Project 
_____________________________________________________________________________

Penulis : Admin

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan penggunaan internet di dalam berbagai aspek, pemasaran secara online atau yang disebut sebagai online marketing menjadi salah satu strategi yang tidak dapat diabaikan. Pemasaran secara online sering disebut juga sebagai web marketing, webvertising, ataupun e-marketing sebagai pemasaran dari produk atau jasa melalui internet.

Online marketing menjadi sebuah cara yang cepat dan efektif dalam meraih konsumen baru. Internet menjadi cara untuk menciptakan hubungan yang baru dan menguntungkan. Pada online marketing, anda memiliki waktu yang terbatas untuk membuat suatu kesan yang berkualitas. Meskipun pemasaran secara online dapat meraih pembaca dengan cepat, namun jika anda tidak menggunakan desain yang baik dan konsisten, maka anda akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Desain pada online marketing dapat mencakup desain website, desain facebook page, desain halaman twitter, banner iklan, newsletter melalui email, atau apapun yang anda gunakan secara online untuk memasarkan perusahaan atau jasa anda. Semua cara tersebut memberikan kesempatan yang baik untuk mempresentasikan diri anda secara profesional melalui desain yang berkualitas. Orang-orang akan membuat anggapan mengenai anda dan perusahaan anda melalui bagaimana jasa anda disajikan, jadi penting untuk mempertimbangkan bagaimana bentuk dan fungsi dari item-item online marketing anda.
Sebuah desain memiliki peranan yang penting dalam pemasaran. Dalam pemasaran, desain bertugas sebagai media untuk berkomunikasi dan membantu klien menjual produk atau jasanya. Seringkali terjadi kesalahan, di mana desain dibuat hanya berdasarkan estetika dan tidak memberikan makna pada konsumen atau calon konsumen atau bahkan menyembunyikan pesan yang seharusnya disampaikan.

Estetika berkualitas
Estetika dalam pemasaran memang penting, asalkan tidak mengaburkan pesan yang ingin disampaikan. Website yang berkualitas dapat menunjukkan keprofesionalan sebuah perusahaan yang menampilkan nilai kualitas dan layanan. Website yang tidak didesain dengan baik akan menunjukkan sebaliknya. Meskipun anda menawarkan produk yang baik, pengguna tidak akan mendapatkan kesan yang terbaik dan akan membuat anggapan dengan cepat tentang siapa anda.

Gunakanlah karakter dari produk anda untuk menentukan gaya, kemudian manfaatkan karakter tersebut pada setiap tempat pasar anda. Ciptakanlah background twitter yang baik, buatlah halaman Facebook yang di desain dengan seksama, dan buatlah template email yang serasi. Setiap interaksi mengirimkan pesan pada penonton, maka pastikan bahwa mereka mendapatkan yang terbaik.

Branding Online
Branding adalah persepsi yang dibentuk oleh orang-orang akan perusahaan anda. Karena anda tidak dapat memaksakan apa yang orang pikirkan, maka anda bisa menggunakan desain sebagai salah satu langkah dalam menciptakan kesan yang berharga. Jika anda menggunakan desain yang selaras dan saling melengkapi dalam usaha-usaha marketing anda, maka orang-orang akan mendapatkan interaksi yang berkualitas dari anda dalam berbagai cara, dan hal ini akan meningkatkan perasaan mereka terhadap apa yang anda jual.

Lihat saja pada merek-merek yang sudah mengglobal. Bukan suatu kebetulan bahwa kebanyakan para top brand juga merupakan pemimpin dalam desain. Desain adalah suatu bagian yang fundamental dalam membentuk sebuah citra dan pengalaman yang mewah dan eklusivitas. Dan biasanya para konsumen yang membeli barang tersebut seringkali memilih karena mereka melihat sedikit dari diri mereka sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa desain tersebut baik.

Pastikan di dalam website anda sudah terdapat logo perusahaan, pernyataan misi dan bentuk-bentuk lain dari identitas perusahaan anda agar anda dapat memberikan kesan yang profesional. Berikan tampilan yang terbaik dan orang dapat melihat bahwa desain web anda tidak dibuat asal-asalan. Buatlah desain di mana brand anda jelas disampaikan dan diperkuat dengan gaya serta konten dalam situs.

Kemudahan penggunaan
Penggunaan dalam web adalah pendekatan untuk membuat website mudah digunakan untuk pengguna akhir, tanpa persyaratan keahlian khusus. Pengguna harus dapat menghubungkan aktivitas yang akan ia lakukan pada halaman web secara intuitif, dengan interaksi umum lainnya seperti penekanan tombol yang mengarah pada aksi tertentu. Tujuan dari kemudahan penggunaan adalah :
  1. Menyajikan informasi pada pengguna dalam cara yang jelas dan ringkas
  2. Untuk memberikan pilihan yang benar bagi pengguna, dengan cara yang pasti
  3. Untuk menghilangkan ambiguitas mengenai konsekuensi dari suatu tindakan misalnya mengklik menghapus / menghapus / membeli.
  4. Meletakkan hal yang paling penting di tempat yang tepat pada halaman web atau aplikasi web
Kemudahan penggunaan dalam usaha-usaha pemasaran anda merupakan hal yang penting dan merupakan bagian besar dalam sebaik apa desain pada online marketing anda. Navigasi yang mudah dalam website anda memiliki peran penting dalam hal ini, demikian juga dengan desain dan penempatan  dari email newsletter anda yang mudah untuk dimengerti.
Jika orang sulit untuk memahami pesan anda, sulit untuk membacanya atau tidak dapat menemukan apa yang mereka cari, mereka akan mematikannya dan pergi. Pastikan bahwa pesan anda simple, powerful dan mudah untuk dimengerti serta mudah dalam penavigasiannya. Hal ini akan menyampaikan pesan yang kuat dan powerful tentang perusahaan dan layanan.

Desain dalam online marketing memiliki aspek yang berbeda, tetapi memberikan kesempatan untuk bersinar dan menjual lebih banyak produk. Gunakan estetika dan desain yang baik untuk keuntungan anda dalam setiap kesempatan untuk menciptakan pengalaman online marketing yang powerful bagi audiens anda. [DZ]

Butuh desain kemasan produk profesional? SILAHKAN KLIK DISINI !


Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar