Wednesday, 17 July 2013

Dua Strategi Utama Membangun Brand Secara Visual

Untuk cara order dan pricelist, silahkan klik disini  
Produk-produk desain kami (klik di nama produk): Logo | Brosur | Company Profile | Cover buku | Stationary | Kemasan Produk | Tshirt | Banner | Poster | Kalender dinding | Map | Layanan Premium  
___________________________________________________________________________

Penulis : Admin

Marketing tools harus didesain dengan baik
agar bisa menjual
Membangun brand bagi bisnis kita itu perlu, bahkan bisa dibilang sangat perlu. Apalagi di zaman kompetisi yang sangat besar ini. Sudah tidak zamannya lagi kita berbisnis hanya dengan menunggu keajabain dan tidak melakukan usaha-usaha yang maksimal. Dengan brand yang kuat, produk kita akan lebih di kenal, memiliki value added dan terbebas dari elastisitas harga. Salah satu hal yang harus dibangun dalam branding adalah membangun sisi visualnya. Berikut ini 2 strategi utama dalam membangun brand dari sisi visual. 

Strategi pertama, membangun dan memperkuat identitas produk/perusahaan kita

Identitas perusahaan/produk secara visual harus dibangun dengan sungguh-sungguh untuk membantu identifikasi bagi konsumen. Hal ini penting ketika kita melakukan reduplikasi secara massal, misalnya bagi produk kita atau outlet-outlet kita.  Konsumen di berbagai tempat harus “klik” ketika melihat produk kita diberbagai tempat, shg brand kita bisa terbangun massif. 

Beberapa yang perlu diperhatikan pada strategi identitas ini : logo, stationary dasar, desain interior, warna perusahaa/brand. Termasuk juga dalam hal ini, desain seragam kru, sticker mobil, “gerobak”, dan semua hal yang membantu identifikasi konsumen. Karena ini desain identitas, wajah perusahaan/brand kita di luar, maka sangat penting bagi kita untuk concern dengan kualitas desainnya. Lebih baik berinvestasi lebih banyak di cost desain daripada kita harus kehilangan persepsi positif di mata klien. 

Pertarungan yang hakiki terjadi di benar konsumen. Dan karenanya kita harus serius memenangkan pertarungan di benak konsumen ini. Bagaimana mungkin kita memenangkannya jika persepsi awal konsumen ketika melihat brand kita sudah rendah? Jangan melihat cost desain yang kita keluarkan sebagai cost. Hitunglah sebagai investasi awal sebuah bisnis.

Strategi kedua, membuat marketing tools yang elegan dan menjual

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, branding adalah bagaimana agar produk kita mendapat added value dan dipersepsikan lebih oleh konsumen. Dan karenanya kita harus bisa meningkatkan persepsi ini di hadapan konsumen. Jangan sampai, kita menjual sebuah produk yang sebenarnya berkualitas tinggi, namun persepsi konsumen tidak setinggi itu. 

Marketing tools kita harus didesain semaksimal mungkin agar bisa membuat konsumen percaya bahwa produk kita berkualitas. Marketing tools adalah komunikator yang mewakili kita secara massal. Ia harus bisa “berbicara” kepada konsumen dengan tepat. Beberapa item yang perlu didesain elegan adalah : company profile, brosur, flyer, poster, banner, dan semua item komunikasi. 

Dua strategi besar ini jika dijalankan secara maksimal akan menghasilkan komunikasi visual yang sangat bagus di hadapan konsumen. Sehingga mereka menjadi “trust/percaya” dan mau mengeluarkan uangnya untuk produk/jasa kita.  Lebih jauh lagi, mereka akan melakuakn pembelian ulang (repeat order), sesuatu yang diinginkan semua pebisnis/marketer. Puncaknya adalah, ketika mereka mau mempromosikan produk/jasa kita kepada orang lain. 


Butuh jasa desain kemasan produk profesional? klik >> jasa desain kemasan


Baca juga :


No comments:

Post a Comment