Wednesday, 17 July 2013

5 Alasan Kenapa Harus Membangun Brand

Untuk cara order dan pricelist, silahkan klik disini  
Produk-produk desain kami (klik di nama produk): Logo | Brosur | Company Profile | Cover buku | Stationary | Kemasan Produk | Tshirt | Banner | Poster | Kalender dinding | Map | Layanan Premium  
___________________________________________________________________________

Penulis : Admin
Salah satu fungsi penting branding adalah brand extension. Salah satu contoh perluasan merk XL -> XL Dekat

Branding adalah aktivitas yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Apa pun bentuk usaha/bisnis kita, membangun brand  seharusnya sudah kita lakukan sejak awal kita berbisnis. Betapa pun sederhananya branding yang kita lakukan. Berikut ini 5 alasan kenapa membangun brand itu penting bagi bisnis kita. 

1. Meningkatkan value indicator bagi seluruh stake holder perusahaan (pelanggan, karyawan, investor).  
Konsumen dimanapun cenderung membeli sebuah produk yang brand-nya sudah akrab/terkenal dan memiliki reputasi bagus. Karyawan akan lebih bangga jika bekerja untuk perusahaan atau produk yang brand-nya sudah terkenal atau reputasinya baik. Investor akan lebih suka menginvestasikan dananya di perusahaan/produk yg brand-nya sudah baik. 

2. Melepaskan diri dari elastisitas harga. 
Sebuah produk yang brand-nya sudah bagus akan mendapatkan loyalitas dari pelanggan. Efek bagusnya adalah, saking loyal-nya, sering kali pelanggan menjadi sudah tidak peduli dengan urusan harga. Ketika harga produk lain “banting-bantingan harga” demi mendapatkan konsumen, maka produk kita bisa tetap aman dgn harga standar. Sebab yang konsumen beli adalah “brand” produk kita, bukan harganya lagi. Mereka sudah sangat loyal dengan brand tersebut. 

3. Meningkatkan value added dan persepsi konsumen. 
Membangun brand bisa membebaskan produk kita dari jebakan komoditi. Bisa jadi kita sama-sama menjual gula misalnya. Tetapi gula kita akan dipersepsikan lebih tinggi, jika brandingnya berhasil. Bisa jadi kita sama-sama bisnis rumah makan. Tetapi rumah makan kita dipilih karena memiliki nilai lebih, karena kekuatan brand-nya. 

4. Memudahkan melakukan brand extension. 
Ketika bisnis kita sudah kuat, ada kalanya kita ingin melakukan perluasan/penambahan produk. Dan ketika brand kita sudah kuat, makan perluasan merk (brand extension) ini menjadi lebih mudah. Kita bisa membahasakan produk baru ini sebagai bagian dan pengembangan dari produk lama, shg konsumen langsung “klik”. Misalnya, Ketika Nike mengeluarkan produk2 alat olahraga lainnya selain sepatu, maka produk2 baru itu lebih mudah penetrasi ke pasar yang baru tersebut. 

5. Meningkatkan nilai intangible assets & membangun perusahaan yang lebih sustainable. 
Brand yang kuat akan meningkatkan valuasi perusahaan. Bahkan banyak terjadi nilai brand sebuah perusahaan lebih tinggi dari tangible assetsnya. Brand yang kuat akan membuat perusahaan/produk lebih sustainable, sebab yg dicari/dibeli konsumen kini brand, bukan cuma konten/produk intinya. 

Demikianlah 5 alasan pentingnya membangun brand bagi bisnis/produk kita. Sudah bukan saatnya lagi, di era persaingan yang demikian ketat, kita cuma menjual komoditi. Mari membangun brand, dan jadikan bisnis kita lebih sukses di masa depan. 

Butuh Desain Company Profile Profesional? 
Klik >> Disini !

Baca juga :


Butuh jasa desain company profile perusahaan profesional? klik di sini >> jasa desain company profile perusahaan

No comments:

Post a Comment